Ekonomi

Selvi N asked 2 years ago . Client detail : female, 19-24 y.o
  1. Hallo ka, jadi gini ibu saya punya banyak hutang , masalahnya hutang ny bercabang jadi gali lobang tutup lobang . Gaji saya setengahnya sudah saya beri ke ibu saya, tetap saja belum bisa menutup hutang tersebut. Rencana nya saya mau pinjam ke bank untuk menutupi semua hutang ibu saya. Jadi hutang nya cuman ke bank saja tidak berteteran. Apakah tindakan saya sudah benar untuk meminjam uang ke bank?
1 Answers
widyadiyana Staff answered 2 years ago

Halo, terima kasih ya sudah berbagi cerita dengan kami dan mohon maaf sekali butuh waktu cukup lama bagi kami untuk membalas.

Dikarenakan aku tidak tau pasti kondisi keuangan keluarga kamu seperti apa, jadi aku belum bisa menjawab apakah dengan meminjam uang ke bank adalah tindakan yang tepat atau tidak. Tapi aku mencoba untuk memberikan saran dan pertimbangan lain sebelum kamu melakukan pinjaman ke bank.
Kamu harus mencari bank dengan persyaratan peminjaman yang cocok/tidak memberatkan kamu ketika pembayarannya nanti, terutama bunga yang dibebankan. Dan ketika sudah menemukan bank yang cocok kamu harus membaca dan memahami persyaratan yang diberikan dengan teliti dan hati-hati, karena sering kali kita tidak membaca dengan teliti dan langsung menyetujui yang akhirnya malah merugikan kita sebagai peminjam, dan berbagai persyaratan lainnya serta konsekuensi yang akan ditanggung jika kamu tidak bisa membayar pinjaman tepat waktu.

Saran lain, mungkin kamu bisa melakukan pinjaman ke bank syariah, jadi tidak dibebankan bunga. Atau mungkin jika kamu masih memiliki waktu, kamu bisa melakukan usaha kecil-kecilan sebagai sampingan, sehingga ada pemasukan lain yang bisa membantu.

Aku mohon maaf ya karena jawaban yang aku berikan belum bisa menjawab pertanyaan kamu, tapi aku berharap kamu bisa menemukan pilihan yang tepat dan terus dilancarkan rezekinya sehingga bisa segera melunaskan hutang yang kamu miliki.

Semangat terus ya kamu, semoga selalu sehat dan bahagia.
Salam hangat, Tim Peduli Remaja Indonesia.