bingung-mengambil-keputusan

Tanya KonselorCategory: Psikologibingung-mengambil-keputusan
Anonymous asked 4 years ago . Client detail : female, 16-18 y.o

Saya akhir2 ini mengalami depresi tetapi saya bingung apakah saya akan beritahu kepada ortu saya. Saya dulu pernah mengikuti pengobatan tetapi hanya seminggu saja, karena saya sudah merasa lebih baik. Tetapi sekarang saya merasa lebih buruk dan saya tidak ingin ortu saya tau, tetapi saya juga ingin mereka tau. Saya merasa bersalah apabila saya memberitahu mereka karena mereka pikir saya sudah sembuh dan lebih baik, saya tidak ingin menghancurkan hubungan dengan keluarga saya.

1 Answers
Stella Novian Staff answered 3 years ago

Halooo…
Terimakasih sudah mau berbagi cerita dengan kami di platform ini.
Kami turut prihatin dengan kondisi kamu saat ini.

Pertama, mari kita bahas mengenai depresi. Depresi adalah gangguan suasana hati yang berdampak pada penurunan kondisi emosi, fisik dan pikiran akibat sedih, hampa dan ketidakberdayaan berkepanjangan. Kondisi ini menetap minimal dua minggu berturut-turut lamanya. Depresi merupakan kumpulan dari beberapa gejala seperti kehilangan nafsu makan, tidak memiliki harapan dan gangguan tidur.

Ini ditimbulkan akibat dari pengalaman yang tidak menyenangkan atau traumatis. Secara umum, depresi merupakan gangguan yang meliputi gangguan emosi, pikiran, fisik, dan juga hubungan sosial. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan apa yang terjadi saat kamu mengalaminya.

Kemudian, bagi sebagian orang, penggunaan antidepresan dalam jangka lama memang diperlukan. Namun bagi sebagian lainnya hanya diberikan dalam periode waktu tertentu, terlebih jika terdapat kondisi ketika perlu dipertimbangkan untuk dihentikan. Praktisi medislah yang memahami waktu dan cara menghentikan antidepresan secara tepat, sehingga tidak mengalami sindroma putus obat.
Lakukan juga konseling secara berkala, ini penting guna menyesuaikan dosisnya sesuai gejala yang ada. Jika ada penghentian obat secara mendadak, maka dikhawatirkan akan ada pengulangan pengobatan dari awal.
Kami pun menyarankanmu agar tetap terbuka dengan orangtua, apapun kondisi yang kamu rasakan. Walaupun awalnya orangtua akan sedih dengan keadaanmu, tapi percayalah mereka akan memberikan dukungan yang sangat luar biasa kepadamu. Nah dukungan ini bisa menjadi obat yang paling ampuh untuk menangani permasalahan mu . Tentunya orangtua tidak akan meninggalkanmu begitu saja, mereka akan selalu ada buat kamu.
Pada akhirnya, mengenai permasalahan pengobatanmu, akan lebih baik jika kamu tetap mengikuti anjuran psikolog / psikiater yang menanganimu. Jangan lupa juga untuk terbuka dengan psikolog/psikiater, ceritakan semuanya pada mereka, taruh kepercayan pada mereka bahwa mereka mampu membawa mu kembali pulih.
Selain itu, cobalah untuk selalu berpikir positif, karena mampu membawamu mengurangi kesedihan.
Salam bahagia
Tim Peduli Remaja