Suka menunda

Tanya KonselorCategory: QuestionsSuka menunda
Nur Hasanah asked 2 months ago

Saya sudah berumur 24 tahun, kebiasaan suka menunda.

  1. Kuliah hampir DO, tahun 2019 adalah kesempatan terakhir saya untuk melanjutkan skripsi. Tapi sampai penghujung tahun tak kunjung saya kerjakan. 
  2. Hutang kartu kredit mencapai 30 juta, ini dikarenakan saya suka menunda bayar, tak mengontrol pengeluaran dan pemasukan, serta tidak menagih hutang oranglain kepada saya.
  3. Di pekerjaan saya pun suka menunda dan menumpuk pekerjaan, tak jarang mendapat peringatan dari atasan.

Saya rasa itu core permasalahan dalam hidup saya saat ini, saya butuh masukan agar semua itu bisa saya perbaiki perlahan.
Terima Kasih

1 Answers
Johana Imanuella Staff answered 2 months ago

Halo, Nur, terima kasih sudah mempercayakan kita cerita kamu ya.
Kalau dari cerita Nur, kamu udah sadar soal kebiasaan buruk kamu dan udah ada niatan awal untuk perbaiki itu. That’s a great first step!
Untuk mengurangi kebiasaan menunda itu tadi, kita nyaranin kamu untuk:
(1) nyicil tugas yang jadi tanggungan kamu
sedikit-sedikit dan pelan-pelan dikerjakan dan diselesaikan, jadinya tugas kamu rampung. singkirkan hal-hal yang bakal buat fokus kamu kebagi, misalnya ponsel.
(2) tahu penempatan fokus
dengan alokasi fokus yang tepat, tugas-tugas bakal bisa selesai dengan terstruktur. jadi kalau misalnya kamu udah mutusin untuk selesaikan satu bab dalam skripsi kamu dalam sebulan, Nur bisa fokusin diri ke situ. untuk bantu semangatin diri, Nur bisa pecah goal besarnya jadi yang lebih kecil, misalnya sebulan untuk satu bab, maka seminggu sekian lembar. kalau berhasil, Nur bisa kasih reward kecil-kecilan untuk nyemangatin dan refreshing sedikit.
Yang terpenting dari semua itu adalah kesadaran soal bahwa yang namanya tanggung jawab harus diselesaikan tepat waktu👌
Tetap semangat, Nur!
-Tim Peduli Remaja Indonesia