Selalu memikirkan respon orang

Tanya KonselorCategory: PsikologiSelalu memikirkan respon orang
Acid asked 2 years ago . Client detail : male, 25-30 y.o

Sepertinya saya selalu memikirkan respon orang sehingga menyulitkan saya dalam pekerjaan dan menjalin pertemanan, dimana saya menjadi merasa pesimis

1 Answers
Tiffany Staff answered 2 years ago

Hai, terima kasih karena telah bercerita dengan kami!
Bagaimana kabarmu hari ini? Semoga sehat dan bahagia selalu ya!
 
Sebelumnya, apakah kamu termasuk orang yang tidak enakan dan memiliki pandangan yang kurang terhadap diri sendiri?
 
Terkadang, ucapan atau pandangan orang lain dapat menjadi hal positif bagi diri kita. Terutama jika ucapan atau pandangan tersebut dapat menjadi bahan refleksi dan intropeksi diri kita sendiri. Namun jika hal tersebut dilakukan berlebihan dan berada di luar konteks keterampilan atau kemampuan diri kita, hal tersebut akan memberikan dampak yang negative pada diri kita sendiri karena akan membuat kita berpikir bahwa ternyata kita seburuk itu.
 
Kamu bisa mencoba untuk belajar “cuek” terhadap pandangan dan ucapan orang lain yang sekiranya dapat membuat pandangan akan kualitas diri kamu menurun dan juga pesimis. Adapun hal-hal yang bisa kamu lakukan yaitu :

  1. Meluangkan waktu untuk me time dan berpikir sejenak mengenai pencapaian, prestasi, dan hal unik yang pernah kamu raih (di mana orang lain tersebut pun tidak miliki).
  2. Membaca buku self development agar kitab isa lebih menghargai dir sendiri dan mengatasi ucapan atau pandangan negative dari orang lain.
  3. Charge yourself sebelum tidur dengan memasukkan energi positif, seperti “Okay, tugas hari berhasil saya selesaikan dengan baik. Besok saya akan lebih berjuang dan lebih bahagia/senang/enjoy dalam melakukan sesuatu. Terima kasih *sebut nama kamu* karena sudah berjuang sekuat, sehebat, dan sejauh ini.”

Semoga hal ini bisa membantu kamu menjadi lebih baik.
Love and hugs,
Tim Peduli Remaja Indonesia