sedih

Sae asked 2 years ago . Client detail : female, 19-24 y.o

saya tahun ini akan berumur 20 tahun. tapi mengapa sikap saya masih kekanak2an. jadi saya memiliki 2 org tmn. dan semester ini smpai wisuda mereka akan satu kelas. smntara hanya sy sendiri yg beda kelas. sy sedih dan takut karena susah memilii teman. sedangkan teman sy itu sngt friendly. tinggal 2 hari akan masuk kls, tapi sy sngt sedih jika ingat kami tidak sekelas bareng. sy takut dikucilkan, karena diskelas sblmya sy jg susah mndptkan teman. sy cmn mau curhat saja, barangkali ada yg mau jd tmn online sy.. sy takut merasa kesepian jadi ketika sy mngingatnya sy selalu ingin menangis. pdhl ini masalah sepele tp sy merasa iri tidak skls dgn mereka dan sy sngt merasa sedih. pdhl umur sudah begini, tapi ya kepribadian nolep memang sangat menyusahkan. ingin berubah tp sejakkecil sering dibully karena jelek dan kulit hitam dll. tapi nyali masih kurang, dan trlalu sering diabaikan sm org2. pengen bgt punya teman bnyk tp susah dengn kpribadian dan lingkungan ini. 
 

1 Answers
Julyfavmoon Staff answered 2 years ago

Halo kak Sae…
Sebelumnya terima kasih ya sudah percaya dengan admin tanya konselor untuk membagi cerita kamu😊…

Pasti ga mudah untuk kakak ceritain ini semua.. aku harap saat ini keadaan kamu sudah jauh lebih baik ya kak🙏
Dalam kehidupan wajar sekali ketika merasa takut/khawatir  saat berpisah dengan sahabat dan  berada di lingkungan yang baru..
Tapi ingat perasaan itu tidak bisa bertahan terlalu lama kita perlu bangkit dan beradaptasi sedikit demi sedikit..

Bisa dimulai dari menyapa teman yang ada disebelah tempat dudukmu.. Mulai lah dari pembicaraan yang umum dulu.. Diawal pasti terasa canggung.. Tapi gapapa, itu wajar kok! Lama kelamaan akan terbiasa dan ga canggung lagi..
Kedua, ajak diskusi teman kelas terkait tugas yang diberikan dosen atau ajak menjadi teman satu kelompok..
 

Terkait pengalaman masa lalumu aku turut prihatin atas apa yang harus kamu lalui dimasa lampau..

Perlu diingat bahwa kamu itu berharga dan tidak sendirian.. Jika kamu butuh teman online kita semua admin curhatin online adalah temanmu dan siap mendengarkan keluh kesahmu..

Kita mungkin tidak bisa merubah masa lalu tapi kita bisa menentukan hidup kita saat ini dan membentuk masa depan ayo terus semangat dan jangan lupa love your self first 🥰
Salam hangat,
 
Admin Peduli Remaja Indonesia
 
 
JFM💜