Saya Stres

Lisa Ansriyani asked 1 month ago

Hallo min, akhir2 ini banyak sekali masalaha yg belum juga terseleseikan. Dari saya mmepunyai hubungan dimana bisa dibilang kurang baik, hubungan ini akhirnya menjadi salah satu pemicu saya stres. Saya tidur setiap habis subuh, bahkan saya merasa sepeti orang depresi. Saya merasa tertekan, hidup saya yang paling menderita. Saya dan pasangan saya ada ikatan dimana nggak semudah itu untuk berpisah. Tapi saya juga stres kalau harus terus2an di kondisi kayak gini. Selain berpengaruh ke aktifitas saya sehari2 juga nggak bagus untuk mental saya sendiri. Saya mau cuek tapi saya nggak tau caranya bagaimana bisa cuek ke pasangan. Padahal sebulan terakhir ini pasangan saya cuek sama saya. Saya harus seperti apa ya, kondisi ini menganggu saya. Sudah coba dikomunikasikan tapi sampe saat ini belhm ada titik terang, sedangkan menurut saya, saya harus cuek, apakah itu benar ?

1 Answers
anandaf nisa Staff answered 1 week ago

Hi lisa terimakasih sudah berkenan untuk bercerita kepada kami, kami tim peduli remaja indonesia akan terus berusaha untuk bisa menjadi tempat curhat dan cerita lisa sebaik mungkin, We’re all ears 😉
Apa yang sudah lisa lakukan hingga saat ini adalah hebat, lisa mampu mempertahankan hubungan tersebut hingga saat ini..
Menurut mimin, dalam menjalin suatu hubungan,  akan selalu ada pikiran dua arah melibatkan satu sama lain untuk saling membantu tanpa mengharapkan imbalan. Akan tetapi, tidak semua hubungan yang dimiliki manusia dapat berjalan dengan searah.
Nah sebelumnya mimin akan jelaskan hubungan yang baik itu gimana.. Hubungan yang sehat adalah hubungan yang saling memberi dukungan dan memelihara satu sama lain. Hubungan sehat ini memiliki ciri-ciri, meliputi rasa kasih sayang, rasa aman, kebebasan dalam berpikir, saling peduli dan menyayangi, serta menghormati perbedaan pendapat yang ada.  Tetapi,  jika lisa malah merasa hal yang sebaliknya, merasa tidak nyaman,tertekan, tidak bebas ,stres dan lelah menghadapi pasanganmu sendiri..Dan lebih banyak mendapat emosi negatif daripada emosi positif,  itu bisa jadi, sebenarnya hubunganmu itu termasuk dalam toxic relationship.
Toxic relationship sendiri yaitu hubungan yang tidak menyenangkan bagi diri sendiri atau orang lain. Hubungan ini juga akan membuat seseorang merasa lebih buruk. Ketika kita sudah terjebak dalam toxic relationship maka bisa menyebabkan konflik batin pada diri sendiri
Kita terkadang tidak menyadari bahwa hubungan kita sudah menjadi toxic relationship, ada bebeberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengenali toxic relationship antara lain: berbohong, sikap tak acuh, menolak untuk menyelesaikan masalah yang terjadi, tidak mau memaafkan, tidak mau mengakui kesalahan, selalu menyalahkan orang lain, melakukan segala bentuk kekerasan, berbicara buruk tentang orang lain, bersikap manipulatif, dan menolak untuk mendengarkan permasalahanmu.
Mengakui suatu hubungan yang sudah menjadi toxic relationship memang bukanlah hal yang mudah, terjebak dengan cinta dan kebahagiaan , takut akan kesepian , menjadi alasan wajar untuk terus menjalani toxic relationship ini..
Ada beberapa hal yang bisa lisa lakukan saat dalam masa-masa ini,

1. Cobalah komunikasikan ulang permasalahanmu dengan pasanganmu

Menjadi cuek bukan solusi terbaik, dan malah sebaliknya, kita harus mengkomunikasikan permasalahan dengan pasanganmu.. Uraikan secara gamblang permasalahan maka pasangan jadi tahu apa yang harus dilakukan untuk menyelesaikan pola yang kurang sehat tersebut,  Pola komunikasi yang baik akan sangat membantu dalam hal ini. dan apabila cara ini kurang berhasil cobalah untuk mengambil jarak sementara untuk memahami dan menilai kembali hubungan kalian.
Jika cara ini masih belum efisien, lisa bisa melibatkan orang lain yang dirasa netral untuk dapat membantu lisa berdiskusi dengan pasanganmu..Bisa jadi kalau hanya bertemu dengan pasangan akan berakhir berantem tapi kalau ada pihak penengah yang netral maka akan menemukan jalan tengah diantara kamu dan pasanganmu
2. Ketulusan akan mengalahkan sisi egois dalam diri

hubungan yang tidak sehat masih bisa diperbaiki dengan saling menerima kekurangan satu dengan yang lain. Justru ketika bisa melewati ujian dalam hubungan, pasangan akan jadi lebih dewasa dalam menyikapi masalah.

3. Beranilah untuk tegas memberi keputusan,

memang menjalani hubungan dengan orang lain secara dekat menjadi kebutuhan sosial setiap manusia. Akan tetapi, bukan berarti membiarkan diri terjebak dengan orang yang salah. nilailah ulang apakah hubungan ini baik untuk dilanjutkan
Mimin yakin lisa dapat mengambil keputusan terbaik, tetap terus semangat dalam menjalani hari-harimu lisa..

You are capable of handling everything. You’re brave and strong! Keep going lisa!
With love
-tim tanya konselor