Merasa kosong , dan sedih tanpa sebab

Tanya KonselorCategory: PsikologiMerasa kosong , dan sedih tanpa sebab
Devi asked 2 weeks ago . Client detail : female, 13-16 y.o

aku merasa kosong , suka sekali sedih tanpa alasan . Aku ingin menangis , tapi tidak bisa , semua itu terasa tertahan di dalam hati . 

1 Answers
faradilah Hanum Staff answered 4 days ago

hai devi, sedih merupakan salah satu bentuk perasaan, dan setiap perasaan pasti memiliki pemicu. Ketika berada dalam kondisi sedih yang tanpa alasan, sebenarnya ada alasan mengapa kesedihan itu datang padamu, namun kamu yang belum mengetahui penyebabnya.
 

Bisa jadi, perasaan sedih datang dari permasalahan kamu di masa lalu yang belum tuntas kamu selesaikan, atau kesedihan sekarang yang kamu alami, disebabkan oleh kesedihan2 dimasa lalu.
 

Ketika itu sering terjadi padamu, maka kamu harus mulai mawas dan mengintropeksi dirimu. Ingatlah, hal-hal yang membuatmu tidak nyaman dan sangat mengganggumu dan cobalah untuk jujur akan perasaan kamu sendiri. Tidak mengapa untuk.menjadi tidak baik-baik saja, dan berikan ruanh untuk diri kamu.
 

jika memang kamu punya kesedihan atau perasaaan yang sangat menganggu akan beberapa hal di masa lalu, maka hal pertama yang bisa kamh lakukan adalah membiarkannya ada di masa lalu, kamu bisa belajar darinya, namun kamu harus menyadari bahwa kamu tidak bisa krmbali ke masa lalu, yang bisa.kamu lakukan adalah berfokus untuk hidup saat ini. hiduplah di masa ini, karena kamu tidak bisa kembali ke masa lalu , pun kamu tidak hidup di masa yang akan datang. Kamu hanya hidup di masa ini.
Iklhaskan apa yang sudah terjadi di masa lalu dan maafkan kesalahan dirimu di masa lalu.
jangan terlalu mrncemaskan masa depan, karena terlalu banyak variabel tak terduga di masa depan, yang seringkali tak bisa diukur dari masa ini. Kamu tetap bisa menjadi apapun di masa depan, karena kamu selalu bisa menciptakan kesempatan2.
 
Dari yang telah kamu sampaikan, ada hal yang saya rasa perlu dieksplorasi terkait dengan ekspresi sedih yang sulit kamu tampilkan, yaitu menangis. Menangis mungkin tidak akan menyelesailan masalah, namun dapat membantu melepaskan banyak tekanan dan ketegangan yang terpendam dalam tubuh dan pikiran. Jika kamu kesulitan untuk menangis, maka ada kemungkinan kamu memiliki masalah dengan kerentanan emosional.
 
Setiap emosi yang kita rasakan biasanya akan dimanifestasikan dengan berbagai tampilan ekspresi secara fisik sehingga kita atau orang lain dapat mengerti apa yang terjadi saat kita melihatnya. Apabila ekspresi ini tidak tampil atau tertahan baik disengaja maupun tidak, maka akan ada tuntutan kebutuhan untuk dipenuhi dan akan terakumulasi. Inilah yang menyebabkan dada kita semakin terasa sesak saat kita sedih tapi tidak menangis. Efeknya akan semakin berat dan emosi kamu akan didominasi oleh rasa sedih, sehingga kamu akan sulit untuk memberi ruang pada emosi lain seperti rasa senang dan bahagia yang sangat kita perlukan untuk hidup lebuh positif.
 
Kamu perlu belajar dan mencoba membiarkan dirimu menangis. Jika ternyata masih sulit, maka luangkan sedikit waktu untuk menonton film sedih namun edukatif guna memancing tangismu seperti I Am Sam atau Taare Zameen Par, dsb. Tidak ada salahnya dengan menangis, kita hanya perlu untuk mengelola dan mengekspresikan secukupnya, artinya jangan terlalu sering menahan dan tidak juga berlebihan.
 
jika terasa masih sulit bagimu untuk meraba diri, kamu bisa menghubungi psikolog atau datang ke bimbingan konseling sekolahmu. Hal ini dimaksudkan agar kamu lebih bisa mendalami diri kamu sendiri.
 
-tim tanya konselor-