memangnya aku mau kseperti ini?

Tanya KonselorCategory: Remajamemangnya aku mau kseperti ini?
Anugrah N Malik asked 1 month ago . Client detail : female, 16-18 y.o

haloooo, saya adalah seorang remaja perempuan berusia 17 tahun, masih masa puber yang punya banyak permasalahan haha. salah satunya adalah jerawat. saya mempunyai jerawat di pipi kanan dan kiri. sebenarnya hanya 1-2 jerawat saja, namun karna menghitam, jerawat tersebut cukup mempengaruhi penampilan saya.
hari ini sekitar jam setengah 7 WIB, saya berada di dapur bersama ibu saya, karena saya meminta beliau untuk menggorengkan telur. awalnya hanya percakapan biasa saja. namun, tiba-tiba ibu saya mengatan “liat deh, pipi mu kenapa lagi itu” (padahal ini adalah jerawat yang sama, namun mungkit saat itu terlihat memerah karena masih jerawat aktif), saat ketika mau menjawab “iya tapi ini udah mendingan” tiba-tiba ibu saya mengatakan suatu hal yang amat sangat menyakitkan bagii saya “udahla jijik aku sama kau”. langsung saya marah ketika itu, tadinya saya yang kapar ingin goreng telur jadi tidak jadi. bahkan ketika saya menulis curhatan iini, saya masih dalam keadaan lapar dan mengantuk hahaha.
lalu, saya ini harus apa? mungkin saya terlihat sensiftif. namun, tolong, ibu saya kerap mengatakan seperti itu yang membuat mental saya diwn, merasa jelek dan merasa tidak berguna. sampai sekarang saya masih mendiamkan ibu saya. memang benar, pelaku body shamming terjahat adalah keluarga sendiri, hahaha, miris sekali :’)

1 Answers
Johana Imanuella Staff answered 2 weeks ago

hai, anugrah, apa kabaar? semoga sehat selalu ya!
rasanya ga menyenangkan ya, dengar kata2 menyakitkan apa lagi kalau dari orang-orang yang dekat dengan kita, apalagi ini dari mama kita. semoga setelah lewat dua minggu ini, sudah lebih enakan nih hatinya. pun engga, ga apa-apa karena perasaan itu perlu diproses supaya bisa beradaptasi dengan hal yang ga nyaman tersebut.
seperti yang kita tahu, dimasa remaja ada banyak perubahan hormonal yang bikin kita jadi berubah secara fisik dan mental. secara fisik misalnya muncul jerawat, secara mental misalnya merespon hal-hal biasa dengan lebih sensitif atau jadi mudah marah. semua perubahan itu perlu kita terima, juga dikelola dengan baik.
1. Untuk perubahan mental misalnya bisa dikelola dengan merespon perasaan dengan baik, menerima kalau memang marah, tapi jangan sampai berlarut2. Kita juga harus tahu dulu apa yang bikin kita ga nyaman. Kalau itu berasal dari hal yang di luar kendali kita, seperti kata-kata yang menyakitkan dari orang lain, itu kan bukan sesuatu yang bisa kita ubah, jadi yang bisa kita ubah adalah respon kita. Kalau Anugrah ada masalah dengan mama nih, ‘mama tadi ngomong hal yang ga baik, itu ga bisa aku ubah, tapi aku bisa untuk sampaikan kekecewaanku, aku mau ambil waktu tenang dulu, ambil napas dulu, supaya kata-kataku nanti ga kasar’.
Jadi kalau dalam keadaan begini, coba Anugrah ambil waktu berpisah dari mama sebentar, nah kalau udah mulai merasa enakan dan tenang, baru deh, coba ngobrol lagi sama mama dan bilang ‘ma, maaf, untuk yang tadi aku ga ngerasa nyaman waktu mama mengomentari jerawatku.’
2. Anugrah juga harus inget kalau kesehatan mental itu dipengaruhi kesehatan fisik. Jadi jangan lupa untuk rajin olahraga, jaga nutrisi, makan dan minum teratur, istirahat cukup. Jangan sampe kelaparan, hihi. Karena semuanya mempengaruhi kesehatan mental kita.
3. Kemunculan jerawat memang bisa bikin kepercayaan diri kita menurun ya. Nah, kita bisa untuk mulai cari cara mengobati, tapi tetap dibawah pantauan ahli supaya enggak bertambah parah. Harus ingat juga kalau usaha-usaha yang Anugrah lakuin itu semua atas dasar mencintai diri sendiri, bukan karena benci dan pengin hilangin, ga terima, karena justru stres itu yang bikin keadaan jerawat jadi lebih buruk.
Terima kasih udah percayain kita untuk jadi tempat cerita kamu ya! Terima kasih juga karena udah nunggu respon kita, semoga bisa ngebantu Anugrah^^
Stay hydrated and take care<3
– Tim Peduli Remaja Indonesia