gimana-caranya-biar-g-terlalu-di-bawa-beban

Tanya KonselorCategory: Psikologigimana-caranya-biar-g-terlalu-di-bawa-beban
Azizah Azzahra asked 4 weeks ago . Client detail : female, 13-16 y.o

Giman y? Aku baru naik kls 9, dan aku msk di kls yang rata-rata rata pinter, aku kepikiran gimana nanti kalo aku g masuk 10 besar? .. aku tanya ortu, mereka yang bertanggung jawab \\ \”km harus byk belajar, jgn nyerah duluan \\\\\” \”aku sendiri juga g nyerah gitu aja .., di kls itu anak-anak-nya yang katanya suka pinter ngomong gitu sementara aku termasuk orang yang pendiam, emg bener harus belajar biar bisa ngalahin mereka, tapi tetep aja kepikiran itu teruskan sampe nangis, mau cerita ke ortu juga menjawab itu iu terus .. aku kadang-kadang mikir, udh jlnin aja .. tapi g bisa tetep aja kepikiran .. gimana caranya biar aku g terus terusan ngedown gini?

1 Answers
Johana Imanuella Staff answered 2 weeks ago

Hai Azizah, terima kasih karena udah percayain kita untuk jadi tempat kamu berbagi cerita ya! Semoga kamu dalam keadaan sehat selalu^^
 
Wah, dari cerita Azizah, Azizah kedengaran kayak seseorang yang semangat banget untuk dapatin hasil terbaik ya. Nha, karena itu kita menyarankan Azizah untuk pakau waktu kamu kerja hasil yang mau kamu capai itu. Kalau memang Azizah pengin banget masuk sepuluh besar, Azizah bisa fokus belajar, dibarngin dengan istirahat supaya engga lelah berlebihan. Dengan begitu, ada lebih sedikit waktu yang bisa Azizah pakai untuk overthinking. Just do what it takes^^
 
Selain itu, kita juga mau Azizah coba untuk ambil waktu berpikir lagi soal tujuan kamu belajar keras. Soalnya dalam cerita di atas, Azizah tulis “emang bener harus belajar biar bisa ngalahin mereka”, yang menggambarkan seolah motivasi belajar kamu hanya supaya menang. Padahal belajar itu ga cuma biar bisa dapat peringkat lho! Belajar itu sebuah proses bertumbuh, dan seringkali engga cuma bisa dinilai dengan angka dan peringkat. Misalnya nih, kemampuan komunikasi dengan orang lain meningkat, atau kemampuan deep listening membaik, atau potensi-potensi lainnya yang bisa dikembangkan yang ada dalam diri Azizah. Kalau Azizah musatin perhatian ke “peringkat”, Azizah bisa aja malah melewatkan banyak hal yang ga kalah penting dalam proses belajar yang Azizah jalani. Bisa jadi salah satu penyebab Azizah sampai sering kepikiran dan nge-down adalah karena terlalu fokus sama “kemenangan” berupa peringkat tadi itu. Dalam proses yang harusnya bisa Azizah nikmati, Azizah malah dibuat terus berpikir “bagaimana kalau aku kalah?”, jadi semangat juga keburu patah 🙁
 
Apalagi Azizah udah dapat dukungan dari orang tua nih, jadi gas aja untuk kerahin semua kemampuan Azizah. Nikmati prosesnya, lakukan yang terbaik, karena hasil engga akan ngebohong! 😉
 
Semangat selalu, Azizah!
– Tim Peduli Remaja Indonesia