Apa yang harus saya lakukan?

Tanya KonselorCategory: PsikologiApa yang harus saya lakukan?
Kaito asked 2 years ago . Client detail : female, 16-18 y.o

Halo, perkenalkan saya Kai. Saya masih berumur 17.
Saya ingin bercerita bahwa akhir-akhir ini saya semakin aneh. Mungkin bisa dibilang kewarasan saya makin lama akan makin menghilang.
Dari saya kecil, saya tidak bisa tidur dengan lampu dimatikan. Tetapi, semenjak SMP, saya selalu bermimpi buruk dan berteriak tanpa sadar setiap kali tidur dengan lampu dimatikan. Alhasil, sampai sekarang saya selalu tidur lampu dinyalakan. Tapi, tentu saja pasti ada mimpi buruk juga walaupun lampu dinyalakan. 
Tahun ini, saya juga terkadang mimpi buruk. Ini sudah kedua kalinya saya di cekik sampai hampir habis nafas saya beberapa kali. Saya setengah sadar. Jika ditanya di cekik sama siapa, tangan kanan saya. Iya, tangan kanan saya mencekik saya dengan keras dan saya pun hampir tidak sadar akan hal itu. Baru malam kemarin mulai lagi yang kedua kalinya. 
(Tentunya, teman-teman saya terkejut mendengar ini dan ingin saya pergi ke psikiater, tetapi saya tidak punya uang ataupun asuransi kesehatan). 
Belum lagi, saya sering mendengar atau melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada sama sekali. Beruntungnya tidak setiap hari, hanya beberapa kali saja dalam setahun. Tapi, terkadang yang saya lihat adalah hal yang sangat berbeda. Ceritanya sangat panjang jika saya jelaskan. 
Dan terakhir, terkadang saya tidak tahu bahwa saya mempunyai banyak luka atau lebam. Entahlah, semakin besar semakin tidak merasa rasa luka nya. Jadi, saya sudah bodoh amat dengan luka atau lebam yang tiba-tiba muncul. 
Untuk saat ini, saya hanya ingin bertahan dengan kewarasan saya. Saya lagi tidak mikir berat-berat, tapi sekali mikir yang berat, langsung kepikiran semingguan. Hanya itu saja. 
Apa yang harus saya lakukan? Saya ingin pergi ke psikiater, tetapi saya berencana ingin menunggu untuk mendapatkan asuransi kesehatan lagi saat saya masuk kuliah nanti. Berkonsultasi sama keluarga? Mereka mengejek saya selama setahun lebih ketika saya pergi ke psikiater saat SMP. Mau nabung uang tapi mikir2 lg karena kebutuhan sekolah dll pun banyak. Apa saya harus menunggu sampai waktu yang tepat?
Terima kasih telah membaca…

1 Answers
Fatimah Azzahra Staff answered 2 months ago

Hi Kaito.
Terima kasih udah mau berbagi cerita kamu ke kami. Aku paham rasanya berada di posisi mu pasti ga nyaman banget ya, tapi kamu perlu tahu bahwa kamu luar biasa sekali karena mampu bertahan dan tetap hidup dengan baik hingga ini.

Memang, situasimu memang sulit karena tidak memiliki asuransi kesehatan dan terkendala masalah keuangan. Namun, kesehatan mentalmu adalah hal yang sangat penting. Semakin cepat kamu mendapatkan bantuan, semakin baik.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu coba untuk mengatasi situasi ini. Pertama, cobalah mencari pusat kesehatan mental atau layanan kesehatan masyarakat di daerahmu yang menawarkan konseling atau terapi dengan biaya terjangkau atau bahkan gratis. Kadang-kadang, lembaga-lembaga ini memiliki opsi pembayaran berdasarkan kemampuan finansialmu.

Kedua, jika kamu merasa nyaman, berbicaralah dengan anggota keluargamu tentang apa yang kamu alami. Mungkin mereka tidak akan mengerti sepenuhnya, tetapi setidaknya mereka bisa memberikan dukungan moral. Jangan biarkan pengalaman negatifmu di masa lalu menghalangimu untuk mencari bantuan sekarang.

Terakhir, cobalah untuk menjaga dirimu sendiri sebaik mungkin. Carilah cara-cara untuk mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mentalmu. Kamu bisa melakukan olahraga, meditasi, atau menulis jurnal untuk mengungkapkan perasaanmu.

Aku tahu, pasti rasanya berat yah jalanin hidup kayak gitu. Tapi aku yakin, kamu bisa lewatinnya. Yuuk semangaaaat lagi.. Salam hangat untuk Kaito.
Virtual Hug.